15 Okt 2019

Download ebook gratis - Belajar Pemrograman Bahasa C++ untuk pemula

Download ebook gratis - Buku Belajar Pemrograman Bahasa C++ untuk pemula




Sejarah singkat Bahasa Pemrograman C++

Pada tahun 1980 Bahasa C++ diciptakan oleh Bjarne Stroustrup, Awalnya prototype C++ muncul sebagai C yang dipercanggih dengan fasilitas kelas. Bahasa tersebut disebut C With Classes (C dengan kelas) dan diciptakan untuk memiliki fitur pemrograman berorientasi objek.

Pada tahun 1983-1984, C dengan kelas (C With Classes) disempurnakan dengan menambahkan fasilitas pembeban lebihan operator dan fungsi. yang awalnya C++ disebut "a better C" kemudian berganti nama pada tahun 1983 menjadi C++. Symbol ++ merupakan operator C untuk operasi penaikan, muncul untuk menunjukkan bahwa bahasa baru ini merupakan versi yang lebih canggih dari C. Borland International kemudian merilis compiler Borland C++ dan Turbo C++. Dua buah compiler ini bisa digunakan untuk mengkompilasi kode C++. Bedanya, Borland C++ selain mampu digunakan dibawah lingkungan DOS, juga bisa digunakan untuk pemrograman Windows. Selain Borland International, beberapa perusahaan lain juga merilis compiler C++, seperti GNU Compiler Collection, Topspeed C++ dan Zortech C++. Namun kita bisa juga pakai DevC++.
Download ebook gratis belajar bahasa pemrograman C++

Bahasa C++ sendiri umumnya harus dipelajari oleh sobat yang mengambil jurusan seperti Elektro dan Teknik Informatika. Karena bahasa pemrograman C++ biasanya dijadikan sebagai bahasa pengantar untuk pengenalan dunia pemrograman. Dalam belajar pemrograman C++ anda harus mempunyai compiler C++ terlebih dahulu. Anda bisa download compiler-nya disini (DevC++).

Kali ini yang akan saia share adalah ebook tentang bahasa pemrograman C++ yang ditulis oleh Rosihan Ari Yuana, S.Si, M.Kom dan Agus Waluyo. Modul bahasa pemrograman C++ merupakan bentuk lebih advance setelah bahasa C atau seperti yang saia jelaskan C with Classes. Bagi anda yang ingin belajar C++ sebaiknya memiliki semacam buku panduan. E-book yang saia share ini adalah buku panduan tepat dalam mempelajari Pemrograman C++ sebagai pemula. Karena ebook berikut menjelaskan dasar-dasar dari fungsi, blok, variable yang akan kalian pakai pada pemrograman nanti. Sedangkan Ebook dari Agus Waluyo akan memberikan anda sedikit tantangan terkait latihan dalam pengujian pengetahuan anda tentang C++. Link ebook Pemrograman gratis yang saia share adalah paket lengkap dalam mempelajari program C++ sebagai pemula.

Berikut cuplikan ebook "Belajar Pemrograman C++" oleh Rosihan Ari Yuana, S.Si, M.Kom

Program C++ memang tidak akan pernah lepas dari suatu fungsi/function. Hal ini karena merupakan ciri OOP (Object Oriented Programing). Sebuah program C++ minimal memiliki satu fungsi yaitu  main().  Fungsi  ini  merupakan  awal  program  utama.  Tulisan  main() merupakan nama fungsi, sedangkan bagian yang diapit dengan { dan } disebut blok (tubuh fungsi). Dalam hal ini { merupakan tanda awal blok dan } adalah tanda akhir blok. Seperti halnya dalam Pascal, { dalam Pascal identik dengan BEGIN, sedangkan } identik dengan END. Perintah void bermakna bahwa fungsi main() tidak mengembalikan nilai/value.


Jika anda ingin belajar sebagai pemula, maka ebook dari Rosihan Ari Yuana, S.Si, M.Kom sangat lah pas. Anda akan dijelaskan banyak hal sebelum anda memulai pemrograman C++ tutorial serta beberapa latihan untuk menguji pengetahuan anda tentang C++. Selanjutnya, ebook dari Agus Waluyo akan melatih jari-jemari anda dalam mengetikkan kalimat-kalimat pemrograman.

Download ebook gratis bahasa c++

Ebook Belajar C++ PDF Gratis Bahasa Indonesia dari Agus Waluyo yang berjudul "Belajar Bahasa C++ dari seorang Newbie" akan melatih anda dalam merumuskan logika C++. Pada ebook ini tidak jauh berbeda dengan buku pertama tadi, hanya saja ebook gratis ini akan lebih fokus pada latihan. Jadi cocok untuk mengasah dalam penulisan logika C++. Berikut adalah salah satu contoh soal yang ada dalam ebook Agus Waluyo.
contoh program 2
#include<iostream.h>
#include<conio.h>
void main()
{
clrscr();
float sisi,panjang,lebar,tinggi,jari,volume,luas,keliling;
int pil;
cout<<"========PILIHAN PERHITUNGAN========"<<endl;
cout<<"1. volume dan luas kubus"<<endl;
cout<<"2. volume dan luas balok"<<endl;
cout<<"3. Keliling dan luas lingkaran"<<endl;
cout<<"==================================="<<endl;
cout<<"   masukan pilihan [1,2,3] : ";cin>>pil;
switch(pil){
case 1:cout<<"======Menu Kubus======"<<endl;
                         cout<<"panjang sisi : ";cin>>sisi;
                         volume=sisi*sisi*sisi;
                         luas=6*(sisi*sisi);
                         cout<<"volume       : "<<volume<<endl;
                         cout<<"luas         : "<<luas;
                         break;
case 2:cout<<"======Menu Balok======"<<endl;
                         cout<<"panjang : ";cin>>panjang;
                         cout<<"lebar   : ";cin>>lebar;
                         cout<<"tinggi  : ";cin>>tinggi;
                         volume=panjang*lebar*tinggi;
                         luas=2*((panjang*lebar)+(panjang*tinggi)+(lebar*tinggi));
                         cout<<"volume  : "<<volume<<endl;
                         cout<<"luas    : "<<luas<<endl;
                         break;
case 3:cout<<"====Menu Lingkarang===="<<endl;
                         cout<<"jari-jari : ";cin>>jari;
                         luas=3.14*jari*jari;
                         keliling=2*3.14*jari;
                         cout<<"luas      : "<<luas<<endl;
                         cout<<"keliling  : "<<keliling;
                         break;
default:cout<<"pilihan salah";
                          break;
                           }
}

Yup!.. anda bisa mencoba beberapa contoh soal lainnya dan menggunakan DevC++ untuk meng-compile-nya. Menurut saia itu lebih dari cukup untuk belajar sebagai pemula. Jika anda sudah merasa lebih dari pemula, sebaiknya perlu buku panduan yang lebih advance lagi dari ini.😄

Langsung saja, silahkan download gratis ebook belajar bahasa pemrograman c++ pada tombol merah dibawah. Jangan sungkan isi kolom subscribe, plz share artikel ini jika bermanfaat, jangan sungkan request ebook/software/apk mod yang kalian inginkan, dan jika link nya rusak hubungi saia segera.


Download ebook gratis "Belajar Pemrograman C++" oleh Rosihan Ari Yuana, S.Si, M.Kom


Download ebook gratis "Belajar Bahasa C++ dari seorang Newbie" oleh Agus Waluyo


Password: sasorishared


EmoticonEmoticon