7 Mei 2020

Cara Menjauhkan Virus meski tanpa Antivirus pada Windows

Tags

Hm...Sudah sangat lama saia tidak membagikan tips di blog ini.
Cara merawat pc agar terhindar dari virus

Berbagai rekomendasi untuk menjauhkan pc dari virus.
 
Anda sebagai pengguna aktif komputer harus waspada terhadap virus komputer. Berbagai blog dan teman anda pasti akan menyarankan anda untuk menggunakan Antivirus, bahkan kalo perlu lakukan kombinasikan antivirus biar lebih ampuh. Beberapa orang juga menyarankan supaya jangan memasukkan segala bentuk flashdisk ke dalam komputer mu, supaya virus tidak menyebar, atau rekomendasi untuk menggunakan deepfreeze supaya virusnya klepek-klepek tiap restart komputer. Dan saran yang paling membuat saia jengkel adalah "jangan pakai software bajakan!".

Well semua saran itu tidak ada salahnya, tapi bukankah  menurut anda itu berlebihan? lebay?

"Install dua kombinasi antivirus, biar lebih aman." sebelum memakai laptop i3, saya menggunakan laptop berkemampuan dual core N4000 (lupa juga seh, tapi kayaknya emang itu). Menginstall dua antivirus sangat menguras RAM dan membuat kinerja laptop saia lemot. Membuka office 2010 sangat lambat, firefox apalagi, menghambat kinerja saia dalam bekerja.

"Jangan colok flashdisk ke pc" bagaimana kita kerja jika pekerjaan kita membutuhkan mobilitas tinggi? mau gotong-gotong itu pc? mending anda punya laptop. Kalopun anda punya laptop, kalo data mentahnya ada di flashdisk teman?

"Gunakan DeepFreeze" DeepFreeze adalah software yang membuat PC kembali seperti semula ketika komputer shutdown. Apakah yang akan terjadi jika dengan data yang kita simpan? capek-capek ngetik terus mati lampu, lah...ilang semua data anda.

"Jangan Download software bajakan!" Hell NO!

Kali ini saia akan berbagi pengalaman saia selama berurusan dengan laptop saia, dimana saia tidak pasa Antivirus, dan selalu disable realtime scanner karena harus mencoba berbagai software gratisan dari internet. Atau keywordnya cara merawat pc/laptop dari virus pada windows

Apa sih Virus komputer? Definisi nya apa?

Berikut saia kutip dari Wikipedia.com.

Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak.

Itu adalah definisi dari wikipedia.com. Saia tambahkan sedikit, bahwa Virus bisa disebut juga Malware (Malicious Software) jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah "perangkat lunak yang mencurigakan". Jadi pada dasarnya virus adalah sebuah software jahat yang berfungsi untuk "mengganggu" pengguna. Ketika komputer anda terkena malware, maka secara umum anda akan mengatakan bahwa komputer anda terjangkit virus. Namun penyebutan yang benar adalah komputer anda terjangkit worm atau jenis malware yang lainnya.

Pengertian malware

Malware, Spyware, dan Adware.
Jika diliat dari tujuan si pembuat software, maka dapat dibagi 3 bagian yaitu Malware, Spyware, dan Adware. dan jenis ini pula yang sering menyerang oleh penduduk bumi.

Malware, seperti yang saia jelaskan, malware adalah sebuah program yang mempunyai tujuan jahat, merugikan. Kebanyakan jenis malware mempunyai tujuan untuk merusak data (menyembunyikan, memodifikasi, menghapus, duplicate, dll). Sebut saja malware jenis worm, malware jenis worm mampu membuat file acak dan menduplikatnya sehingga akan mengganggu kinerja hardisk anda. Malware trojan mampu mengkontrol data di komputer anda dan bahkan mencuri -nya. FAT virus, salah satu virus yang menjengkelkan, karena dia mampu menyembunyikan file-file anad seakan-akan kosong, sedangakan ketika anda membuka properties alokasi bit nya masih ada. biasanya ada pada flashdisk-flasdisk anda. FAT virus sempat membuat saia berkeringat dingin, karena tugas akhir sekolah saia ada di flashdisk yang terkena malware ini. Dan masih banyak lagi jenis malware yang sudah di kenal.

Spyware, adalah program komputer yang dibuat untuk memata-matai komputer anda. Awalnya spyware ini digunakan untuk memata-matai profil pengguna komputer dan penggunaannya dalam menampilkan iklan yang sesuai dengan minat pengguna komputer tersebut. Saia jadi berpikir, apakah artinya semua e-commerce, dan google, menggunakan spyware ke dalam akun kita? hm...kembali lagi ke kita, apakah itu "mengganggu"?

waspada spyware

Adware, adalah malware yang berisi iklan. hati-hati dalam mendownload, karena adware sering mengincar kalian yang suka download gratis. Jika anda tidak hati-hati dalam klik ketika browsing atau install maka adware bisa saja terpasang di komputer anda. Pernah menggunakan default pencaria "mystartsearch"? jika pernah, selamat, anda telah sukses memasang adware (bahkan mungkin spyware).

PC tetap sehat meski tanpa antivirus

Mohon maaf, sepertinya judul saia tidak sepenuhnya benar.
Saat ini saia menggunakan 2 laptop, satunya untuk keperluan kerja agak berat, satunya untuk menulis blog. Secara penggunaan, pada kedua laptop tersebut tidak pernah saia melakukan scan virus. Laptop kantor saia masih antivirus bawaan windows yaitu windows defender, namun tidak pernah saia aktifkan fungsi "realtime scan" dan tidak pernah juga melakukan scan virus, palingan jika bener-bener lemot karena biasa nya terdapat registry yang bermasalah.

Laptop untuk menulis blog tidak saia install  antivirus.

Sedikit saia jelaskan pemakaian kedua laptop saia supaya anda bisa sedikit menggambarkan. Laptop pribadi, saia gunakan hanya untuk menulis blog, firefox/Chrome, tidak ada antivirus, lumayan lemot karena hanya berbekal prosesor intel Atom.
Laptop kantor pemakaian sering, penggunaan browser Firefox, CorelDraw, Photoshop, Premiere pro, dan sudah pasti saia pakai untuk install berbagai software-software gratisan. Sudah Setahun lebih tidak pernah melakukan scanning dan selalu mematikan fitur realtime scan windows defender. Seharusnya laptop kantor ini paling rentan mendapat gangguan. Namun, nyatanya, gangguan itu tidak pernah datang, laptop kantor masih sehat dan masih bisa dipakai untuk program-program berat. Ko bisa?

Berikut trik nya.
Tips PC tetap sehat meski tanpa antivirus

1. Hati-hati download sembarangan.

Saia sering sekali download software gratisan di internet, tapi saia selalu hati-hati dalam klik "tombol download". Banyak sekali berbagai konten download menyertakan iklan disetiap link downloadnya. Anda akan diwajibkan menonton beberapa iklan sebelum link download benar-benar muncul. Triknya, biasanya tombol download harus menunggu beberapa detik (biasanya 10-60 detik), dan bentuk tombol terkesan biasa-biasa saja. Jadi jika ada tombol download yang sudah siap diklik, 100% itu adalah iklan. Iklan ini biasanya berisi link atau popads yang menjengkelkan. Selain itu link tersebut juga berisikan adware dan atau spyware. Sudah pasti kinerja laptop/pc menjadi laptop. Berikut beberapa contoh yang dapat anda cermati.




2. Hati-hati Install sembarangan.
Beberapa software gratisan yang pernah saia coba ketika proses instalasi ada checkbox yang tercentang. Jika anda tidak memperhatikan layar dan hanya terpaku pada tombol "next" maka secara tidak sengaja anda akan menginstall software yang ngikut. Tentu software nya akan membuat lemot Laptop/PC anda karena ada iklan di dalam software ngikut tersebut. Maka, perhatikan benar-benar ketika anda menginstall software gratisan, pastikan checkbox tidak tercentang, setidaknya baca apakah checkbox itu berguna atau tidak berguna. Berikut beberpa contoh, dimana anda sebaiknya tidak usah mencentang checkbox. Sebenrnya saia tidak tahu juga apakah dia itu virus atau program jahat atau apalah, yang pasti itu software tidak saia butuhkan.



3. Uninstall Software yang tidak jelas.
Jika secara tidak sengaja anda lupa mengosongi checkbox ketika , segera uninstall software yang tidak sngaja terinstall tersebut. Atau mungkin pc/laptop anda sudah ada software tidak jelas yang sudah terinstall, tidak usah ragu untuk uninstall.
Kadang juga saia ragu, itu program apa, berguna atau tidak, apa yang terjadi bila tak uninstall, dll. Trik nya adalah lihat tanggal installasi nya. Jika tanggal nya menunjukkan beberapa tahun lalu, bersamaan dengan program bawaan windows atau driver, maka sebaiknya jangan dihapus. Saia pribadi pernah melakukan ini, alhasil, layar saia resolusinya menjadi VGA. Cara lainnya, anda dapat mencari di mbah google, apakah software tersebut tidak jelas atau dibutuhkan PC/laptop anda.

4. Block koneksi internet software gratisan.
Ketika anda berhasil menginstall software gratisan, pastikan anda mengatur di firewall. Masuk ke Control Panel => System and Security => Windows Defender Firewall => Advance Settings Selanjutnya anda akan masuk ke Windows defender Firewall with advance security. itu cara masuk dari windows 10. untuk windows 7 atau yang lainnya anda bisa mencari di mba google, yang penting bisa masuk ke Windows defender Firewall with advance security. 
Klik Outbound Rules => New Rules, lalu akan muncul jendela baru. Centang "Program" kemudian klik tombol Next dibawah. Centang "This Program Path" lalu klik Browse, cari file .exe yang akan di blokir, jika sudah klik Next. Centang Block The Connectien, Next. Centang semua ketiganya (Domain, Private, Public), Next. Kasih nama sesuai keingingan, lalu klik finish. Pastikan semua file .exe sudah diblokir dengan cara tersebut.

Seperti CorelDraw, anda harus mencari semua file .exe yaitu sebanyak 14 file. Tapi tidak semua software harus diblock, seperti Internet Download manager.
Langkah ini, adalah bentuk hati-hati terhadap pencurian data. Rumornya, hampir semua bentuk software gratisan terutama hasil Crack atau patch atau keygen membawa script tersembunyi yang berfungsi mengirim semua data pribadi yang ada di PC/Laptop anda ke server yang punya keygen/patch/crack. Selain itu dapat mengindarkan aplikasi berjalan lambat karena software mengakses internet. Selain itu (lagi) juga melindungi full version software anda. karena jika software berhasil terkoneksi ke internet dan akses ke domain resmi (server), maka otomatis software anda kembali ke trial dan tidak bisa digunakan.

5. Scan antivirus secara berkala.
Lah, katanya tanpa antivirus? Masih ada Antivirus, tapi tidak pernah saia aktifkan. Antivirus bawaan saja, Windows Defender. Setelah saia ingat-ingat, belum tentu setahun sekali saia melakukan scanning windows defender. Seperti laptop kantor, udah 1 tahun lebih tidak pernah scanning. Karena, proses scanning nya lama, dan lebih sering tidak berguna. Tapi sebagai jaga-jaga, sebaiknya lakukan saja scanning berkala laptop/pc anda. Windows Defender sangat ampuh untuk melawan Malware.
Antivirus kedua yang lumayan sering, antivirus ini sekali pakai, jadi anda harus download dulu sebelum memakainya, setelah pemakaian selesai, software nya hilang. Menurut saia ini penting, terutama bagi anda yang sering melakukan aktivitas surfing di internet. Download AdwCleaner di https://www.malwarebytes.com/adwcleaner/ jika ternyata nanti linknya tidak aktif, cari saja di google dengan keyword: adwcleaner. Software ini saia gunakan untuk mengusir spyware, dan adware yang sering memunculkan iklan. Khusus software sekali pakai ini, sudah saia gunakan semenjak saia bekerja di kantor dan sangat saia rekomendasikan buat kalian. Saia sendiri memakai adwcleaner minimal setahun dua kali, saia rekomendasikan 2 bulan sekali sudah lebih dari cukup.

Satu lagi antivirus yang saia gunakan ketika PC/Laptop lemot, SMADAV. Sebenarnya SMADAV sama seperti windows defender, dia dapat bekerja secara realtime. Tapi, kembali saia tekankan, realtime selalu saia nonaktifkan. dan saia menggunakan SMADAV mungkin setahun sekali-duakali saja. itupun ketika mau menggunakan harus saia uninstall terlebih dahulu. karena harus download versi yang terbaru dan crack yang terbaru juga. SMADAV sangat berguna untuk memperbaiki registry-registry yang bermasalah. Atau anda dapat menggunakan CCleaner. CCleaner sangat ampuh dalam memperbaiki registry-registry yang bermasalah. Saia sudah menggunakan CCleaner selama 2 tahun, dan pada akhirnya saia tidak lagi menggunakan SMADAV.

6. Backup File
Untuk berjaga-jaga, sebaiknya anda melakukan backup data secara berkala. Pernah sekali saia harus install ulang laptop saia karena sudah sangat lemot dan sering error, yaitu ketika belum mengetahui trik di atas. File saia hilang dan harus download ulang dan mengerjakan ulang, itu proses yang menjengkelkan. Jika trik yang saia bagikan ternyata tidak berguna, minimal anda tidak terlalu kehilangan data.

Iyah, itu 6 tips dari saia. Pada dasarnya saia tidak memfungsikan Antivirus sebagaimna mestinya karena antivirus membuat kinerja laptop sana menjadi lemot. Tapi jika anda mempunyai PC/laptop yang mempunyai Spesifiaksi tinggi, sebaiknya tetaplah instal aintivirus.

Semoga artikel saia bermanfaat, jika dirasa ada yang kurang atau ada yang salah, mohon dikoreksi dan bagikan pengalaman anda di kolom komentar di bawah. Seperti biasa, jangan sungkan untuk mengisi kolom subscribe, komen, dan share artikel ini. Jika Link broken segera kasih tahu saia dan jika ingin di carikan aplikasi lain atau software lain jangan sungkan juga untuk komen dibawah. Terimakasih

Maaf jika tulisan saia berantakan..🙏🙏

Cara mudah download video di youtube


EmoticonEmoticon